?

Membuat Warnet Murah dengan basis Linux

Posted: by hack in Label:
0

Hmm.. banyak masalah tentang OS buat warnet, mulai dari Isu Depkominfo pada sweeping warnet yang pake OS bajakan :D Mungkin banyak sobat-sobat XCode yang punya warnet berbasis linux, ini mungkin basis-basisnya :

1. Bukan warnet kalo gak ada komputer, ini komputer murah dengan spek yang lumayan buat warnet :

Procie Intel Atom N280 1.6 Ghz (hemat energi)
Motherboard Asus P5KPL -AM (kecil dan hemat energi)
1 GB RAM
HD 40GB (soalnya orang ngedownload ke warnet rata2 bawa flashdisk sendiri)
CD ROM (paling banter cuman buat install OS doang ;) )
Casing Micro ATX Standar (komputer kecil biar efisien)
Layar LCD 15" (Udah cukup

Kalo dikumpulin, rata-rata 2.5 Juta / Komputer :D
2. Rekrut orang yang handal dalam manajemen, seperti orang yang ahli marketing dll..
3. Pakai OS yang Open Source. Aku rekomendasikann Linux Zencafe Soalnya itu Linux yang di-khususkan buat warnet, udah lengkap dengan BiOs nya, (Billing Operating System, terus DeepFreeze versi Zencafe'a, lengkap dengan Audio Player Audacious (MP3 dan OGG)

Kalau diliat2, kita bisa hemat hampir Rp 1 juta buat beli OS XP asli :D
Segini aja saran dari saya, mohon maaf saya belum nge realisasikan'a maklumlah gw masih anak SMP.. Cita2 gw pengen bangun warnet Linux ;)

0 komentar: