?

Nokia N78, Bisa Wi-Fi, 3G dan Akses GPS

Posted: by hack in Label:
0

Akhirnya beberapa minggu kemaren ngga punya hp, sekarang dapat juga hp penggantinya N78 setelah N73.

Sedikit review N78 :
HP N-series keluaran Nokia berbentuk candybar ini lebih praktis dan enak digunakan untuk komunikasi. Namun, struktur keypad yang sempit dengan tombol mungil akan menyulitkan proses pengetikan. Apalagi, bidang keypad terasa goyah dan sedikit membal. Menariknya, tombol D-pad N78 menganut konsep scrolling pad (NAVI Wheel) yang memudahkan akses ke menu utama dan fitur multimedia.

LCD-nya cukup mewah, yakni berupa TFT 16,7 juta warna dengan resolusi 320×240 pixel. Gambar dan warna yang tertampil terbilang jernih dan tajam. Interface-nya didukung sistem operasi terkini, yaitu Symbian S60 3rd edition feature pack 2. Untuk mendukung kinerja antar muka dan seluruh fitur, N78 menggandeng prosesor ARM 11 369 MHz.

Di sisi hiburan, Nokia N78 menyiapkan Nokia Music Player dan pemutar video (Real player). Meski standar, kemampuannya tak kalah tangguh dibanding Sony Ericsson C510 maupun seri Walkman-nya. Sedangkan untuk mengorganisir file, disiapkan memori default sebesar 70 MB dan slot kartu ekspansi berjenis microSD. Untuk alternatif hiburan, ada beberapa buah game dan juga radio FM (support RDS) serta internet radio.

N78 memiliki dua kamera, bagian depan CIF untuk video call sementara sisi belakang berkekuatan 3.2 megapiksel. Fitur bawaannya ada optik CarlZeiss dan lensa Tessar, autofokus dan flash. Soal kualitas jepretan, tak perlu diragukan lagi. Baik indoor maupun outdoor, gambar yang dihasilkan mampu tampil prima meski tak sebaik lensa kamera bersolusi 5 megapiksel milik N82/N95. Selain foto, kamera HP ini juga dapat merekam video., Resolusi gambarnya VGA, dengan speed 15 fps berformat MPEG4.

Di sisi GPS, HP ini mengandalkan jalur A-GPS (Assisted GPS), sebagai navigasi digital. Sementara untuk aplikasi peta-nya dipercayakan ke Nokia Maps. Performanya lumayan baik, hampir seluruh wilayah Indonesia tercover oleh Nokia Maps. Sayang, untuk navigasi turn-by-turn berdasarkan suara baru bisa dinikmati setelah berlangganan terlebih dulu.

HP ini sudah mendukung jaringan HSDPA, untuk akses data dengan kecepatan hingga 3.6 Mbps. Ada juga WiFi, Bluetooth dan port kabel data microUSB yang bisa dimanfaatkan sebagai media koneksi. Performanya tak perlu diragukan lagi, baik untuk transfer file maupun menjadikannya sebagai modem internet. Selain network 3G/HSDPA, dukungan fitur A-GPS di HP ini juga menyedot daya baterai cukup besar. Otomatis baterai Lithium-ion 1200 mAh yang digunakan, hanya bisa bertahan kurang dari 2 hari.

Fitur lainnya: Nokia Music Player, Real Player, Radio FM, Podcasting, Nokia Music Store, FM Transmitter, Hot Sites, Message Reader (T2S), Java MIDP 2.0.

0 komentar: